Khasiat dan Kegunaan Daun Kemangi

Kemangi (Ocimum sanctum) memang bukan tanaman yang asing bagi kita, karena selain mudah dijumpai di halaman rumah, kebun atau ladang, kadang banyak juga ditemukan di pinggiran jalan.Sampai saat ini, mungkin kita hanya tahu bahwa kemangi hanya digunakan sebagai lalapan segar, ditambahkan pada masakan-masakan ikan, ayam atau digunakan pula sebagai obat tradisional

Kemangi dan tanaman sejenisnya yaitu selasih atau basil (Ocimum basilicum) memiliki sejarah yang menarik, tanaman jenis ini pernah menjadi tanaman kerajaan di Prancis dan Italia. Bunga dari tanaman ini dipilih untuk menyatakan cinta, sedangkan di India tanaman ini merupakan salah satu tanaman disucikan yang digunakan untuk upacara-upacara keagamaan.

Di negara Cina, tanaman ini digunakan sebagi obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman dan sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman in sebagi obat tradisioal, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.

Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi dan selasih secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain.

Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orangpun mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau terancam. Selain melezatkan hidangan, daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.
Manfaat kemangi tidak berhenti sampai disini, zat flavonoid seperti orientin dan vicenin di dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh. Sedangkan flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami dan anti peradangan.

Getah kemangi dapat digunakan sebagai obat sariawan dan sakit telinga. Daunnya dapat dikonsumsi untuk memperbanyak ASI, penenang, mengobati encok dan penurun panas. Daun kemangi juga dapat meningkatkan jumlah air seni, menghilangkan masuk angin dan peluruh dahak. Konsumsi daun tanaman ini juga dapat mengatasi masalah bau mulut dan bau badan. Beberapa senyawa aktif kelompok minya atsiri dalam tanaman telah diketahui khasiatnya, diantaranya sineol, dan anethol. Asam aspartat, apigenin, arginin dan boron dalam tanaman ini juga sudah diketahui khasiatnya. Senyawa sineol berkhasiat sebagai penenang, membantu mengatasi ejakulasi dini, merangsang aktivitas saraf pusat dan melebarkan pembuluh darah kapiler.Anethol yang terdapat di seluruh bagian tanaman dapat merangsang hormon estrogen pada wanita, meningkatkan kekebalan tubuh, dan merangsang produksi ASI. Sedangkan apigenin bersifat melebarkan pembuluh darah, mencegah pengentalan darah, melancarkan sirkulasi darah serta merelaksasi otot polos

Di bawah ini ada beberapa resep dari kemangi sebagai obat alami :

- Teh yang dibuat dari daun selasih atau herbanya digunakan untuk mengatasi mual, disentri, atau menurunkan panas (sebagai antipiretik). Penggunaannya dapat dalam bentuk jus, infus, serbuk. Satu sendok makan dari tanaman kering diseduh dengan setengah cangkir air, lalu diminum satu cangkir tiap hari selama satu bulan. Dapat pula ditambahkan madu jika digunakan untuk mengobati batuk.

-Panu, segengganm daun kemangi cuci, tumbuk halus, beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan 2x sehari.

- Sariawan, 50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2- 3 menit, telan. Minum air hangat. Lakukan 3x sehari.

- Bau nafas, bau mulut, sering-sering makan lalapan daun kemangi, daun kunir dan beluntas.

- Bau keringat, kamangi secukupnya dimakan sebagai lalapan santap malam selama 1 minggu.

- Kutil, cuci bersih daun kemangi, usapkan/gosokkan pada kutil secara teratur.

Dan masih banyak lagi kegunaan dan manfaat lainnya. Maka kemangi ini selain sebagai bumbu dapur pelengkap sambal, juga bermanfaat sebagai obat alami.

Apakah mengkonsumsi kemangi bisa menyebabkan asam urat?

Kadar asam urat darah normal pada pria berkisar antara 5,1 – 1,0 mg/dL, sedangkan pada wanita antara 4,0 – 1,0 mg/dL. Jika asam urat darah melebihi kisaran tersebut, seseorang dapat dikatakan menderita hiperurisemia atau asam urat tinggi, terutama jika sudah melampaui angka 9 mg/dL

kemangi dengan berbagai senyawa aktif di dalamnya, mampu menurunkan asam urat. Kemampuan tanaman ini dalam menurunkan asam urat telah diteliti di laboratorium meski hanya terhadap hewan percobaan. Tetapi efeknya pada manusia diduga tidak jauh berbeda. Setyo Purwono dan Mustofa pada 1997 melaporkan, sari air daun kemangi dapat menurunkan kadar asam urat tikus putih. Penelitian dari Lembaga Penelitian UGM ini memberikan sari air daun kemangi dengan dosis 51,36-205,44 g/kg berat badan hewan. Hasilnya, setelah pemberian selama 3-7 hari, terjadi penurunan kadar asam urat darah tikus yang cukup berarti. Berdasarkan percobaan tersebut, terbukti kemangi aman dan tidak meningkatkan asam urat Tak benar anggapan masyarakat selama ini bahwa kemangi dapat meningkatkan asam urat, melainkan sebaiknya

Memang nasib kemangi saat ini belum sebaik nasib tanaman sejenisnya seperti basil atau selasih yang selain telah banyak dilakukan pengujian farmakologi sebagai sumber bahan obat alam, juga memiliki nilai komersial di industri parfum.

Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan penelitian tehadap tanaman ini, baik untuk dimanfaatkan sebagai sumber bahan obat alam atau dimanfaatkan minyak atsirinya untuk aroma makanan dan minuman, juga industri parfum. Dengan demikian, kemangi tidak hanya digunakan untuk teman makan pecel lele atau pepes ikan saja.

Dari berbagai sumber

15 Responses to “Khasiat dan Kegunaan Daun Kemangi”

  1. arti Says:

    Wah… saya baru tahu manfaatnya, inyaAllah saya mencoba memakannya. Kira-kira klo tiap hari makan daun kemangi ada efek sampingnya ga ya….

  2. dahati Says:

    Efek sampingnya tidak ada, tapi seminggu tiga kali sudah cukup.

  3. @rE_KiMz Says:

    …..boleh terangkan……
    adakah kemangi dpt mghilangkan sakit kepala x???

  4. nia Says:

    Bagaimana efektivitas daun kemangi sebagai obat penenang??

  5. sditumar Says:

    manfaat kemangi terhadap kesehatan orang yang sehat ?

  6. sri rahayu Says:

    saya ini aneh dan penggemar makan kemangi kadang sampai 1 ikat, tapi setelah itu efek sampingnya lengan saya tambah ngilu rasanya sakit seperti asam urat, setelah saya hentikan rasa sakitnya berkurang, mana yang benar

  7. NuRul CUTE Says:

    KeMaNgI THU sbenernya bnyk manfaatnya juga ya…. selain buat la2pan aq mau coba makan ah…..

  8. wahid_banjary Says:

    terima kasih, atas artikelnya…!
    menarik sekali.., izin share…..!

  9. mariasunarto Says:

    untuk menambah nafsu makan memang, tapi langsung ada pengaruh ke badan belum pernah rasa2nya. btw thank atas share infonya.

  10. LATIFAH Says:

    APAKAH BENAR DAUN KEMANGI BISA MENGECLKAN PAYUDARA???????????????

  11. muhammad Says:

    m4k4sih………………atas pengetahuanya.

  12. Adinda Jutexz Says:

    kemangi jg dpt mengurangi keputihan bgi wanita tp hrs brapa lma memkomsumsi kemangi yaaaaaaaaaa

  13. fany angel Says:

    apa benar manfaatnya daun kemangi sebagai nafsu makan,,,???
    expalin ea,,,,,, plizzzzz!!!!!!!!!

  14. Nana Says:

    Hallo apa benar daun kemangi bs untuk kanker ? berapa banyak yg hrs sy mkn ? tks

  15. alegro Says:

    ayam bakar ma lalapan daun kemangi + sambal trasi….muantaaaaabbbbb!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: