Tips Hemat Penggunaan Listrik

Kenaikan BBM tentunya membawa pengaruh besar dalam perekonomian negeri tercinta ini. Harga barang-barang naik dan biaya hidup kian membengkak. Ada baiknya kita semua membiasakan pola hidup hemat. Bukan hanya hemat dalam pengeluran uang saja tentunya, tapi juga hemat listrik. dengan berhemat listrik, selain kita menekan biaya bulanan rekening listrik juga mencegah terjadinya pemadaman bergilir. Berikut kami sampaikan kiat berhemat listrik yang patut Anda coba!

Penggunaan Alat Elektronik

Sepertinya di era modern ini hidup kita tak lengkap tanpa ditemani TV, radio dan media hiburan sebangsanya. Tak jarang saat kita sibuk mengerjakan hal lain, TV dinyalakan tanpa ditonton. Nah, untuk lebih berhemat, sebaiknya hindari hal semacam ini, nyalakan alat-alat tersebut jika kita benar-benar ingin menonton atau mendengarnnya.

Selain itu ada baiknya kurangi juga penggunaan peralatan-peralatan elektronik yang menggunakan listrik seperti hairdraiser,VCD, game dll.


Penggunaan Peralatan Rumah Tangga

-AC

Nyalakan AC jika hari benar-benar panas dan sebaiknya jangan menyetelnya terlalu dingin – semakin dingin temperatus AC semakin tinggi daya listrik yang dibutuhkan.

-Penerangan Rumah

Pilihlah lampu sesuai dengan kebutuhan, sesuaikan jumlah titik dan daya (Watt), kalau perlu pilih lampu hemat energi dan jangan lupa mematikan lampu di malam hari atau saat pagi hari tiba.

-Lemari Es

Pastikan Anda selalu menutup pintu lemari es dengan rapat, jangan memasukan makanan dan minuman yang masih panas, letakan lemari es pada jarak 15 cm dari dinding agar proses pelepasan panas berjalan baik. Dan jangan lupa bersihkan kodensor secara teratur untuk mengurangi kerja mesin.

-Mesin Cuci

Sebaiknya tentukan untuk mencuci tiap 2 atau tiga hari sekali, gunakan mesin cuci sesuai kapasitasnya, ikuti aturan pengisian air dan untuk mengeringkan lebih baik lakukan secara alami dengan bantuan matahari.

-Seterika Listrik

Untuk lebih hemat sebaiknya seterika baju dalam jumlah banyak dalam sekali kerja. Pilih seterika otomatis, atur sesuai jenis baju yang hendak disetrika. Hilangkan kerak dibelakang seterika yang dapat menghambat masuknya arus panas listrik.

-Alat Memasak

Jika Anda menggunakan alat memasak dari listrik, biasakan memasak untuk sekali masak dan lebih baiknya jika tak perlu menggunakan penghangat untuk nasi.

Sumber: kapanlagi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: