Aneka tips

Tips-tips menarik dan bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba

MENGUSIR BAU TAHU
Rendam tahu dengan air panas. Ganti airnya bila bau masih menyengat atau bisa juga direbus hingga mendidih. Bau tahu yang tak nyaman pun akan lenyap.

MEMBUANG BIJI JAMBU

Belah jambu biji menjadi dua bagian. Ambil sendok makan, keruk isi jambu hingga isi bersih dan terangkat semua. Cara yang sama bisa digunakan untuk membuang biji kiwi yang tak diinginkan.

BAWANG GORENG RENYAH

Setelah bawang diiris tipis, rendam dengan air garam, biarkan beberapa menit, tiriskan hingga kering. Kemudian, taburi dengan tepung sagu. Bawang siap digoreng dengan minyak panas dan api sedang. Setelah agak kuning, angkat, tiriskan, dan letakkan di atas kertas atau tisu, kemudian simpan dalam stoples yang dialasi kertas.

MENCINCANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT

Jika membutuhkan banyak cincangan bawang merah atau bawang bombai, setelah dikupas, iris tipis, kemudian iris lagi menjadi dadu kecil. Agar lebih halus, pegang ujung pisau dengan tangan kiri dan tangan kanan bergerak ke depan ke belakang hingga cincangan halus.

MENYULAP SISA KUE

Masih punya kue-kue sisa Lebaran? Jadikanlah cemilan baru yang tak kalah nikmat. Caranya, haluskan sisa kue lalu tambahkan cokelat masak yang sudah dilelehkan, aduk jadi satu, bentuk menjadi bulatan kecil, dan biarkan hingga mengeras. Nah, cemilan baru pun siap disajikan.

KACANG GORENG GURIH

Setelah mede atau kacang dibumbui, rendam beberapa menit agar meresap, lalu tiriskan hingga kering. Berikutnya, taburi dengan tepung beras hingga rata baru digoreng dengan margarin atau mentega yang sudah panas hingga kuning kecokelatan, angkat, dan siap disajikan.

IKAN ASIN KELEWAT ASIN

Sebelum diolah, rendam ikan asin dengan air panas. Tambahkan sedikit air jeruk nipis. Biarkan beberapa menit lalu tiriskan dan cuci lagi dengan air dingin. Ikan asin siap diolah sesuai selera.

PETERSELI ATAU SELEDRI UNTUK TABURAN

Biasanya untuk membuat spageti, skotel, atau lasagna, ditambahkan taburan peterseli cincang. Untuk mendapatkan taburan yang baik dan tidak menempel, sebaiknya setelah dicincang, peterseli atau seledri dicuci kemudian diperas dengan kain hingga air berkurang. Anda akan mendapatkan peterseli atau seledri yang mudah ditabur dan tidak lengket di tangan.Sumber: Nova

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: