Makna Pengorbanan Perlu Diredefinisi

Pengorbanan yang dilakukan para Nabi dan sahabat-sahabatnya sebagai wujud kecintaan dan ketaatan mereka yang sesungguhnya kepada Allah SWT patut diurai lagi untuk menjadi teladan umat jaman sekarang. 

Arus materialisme yang luar biasa hebat menjadi salah satu pintu yang memandulkan solidaritas umat sekaligus melunturkan semangat berkorban. Orang yang terlalu mencintai apa yang dianggap miliknya, termasuk diri dan hartanya, sangat sulit dibayangkan dapat membuktikan cintanya kepada Allah melalui pengorbanan yang tulus. 

Selain materialisme, lemahnya solidaritas sosial umat sekarang ini juga disebabkan oleh fanatisme golongan (ashobiyah), termasuk fanatisme partai yang makin merebak. Umat muslim saat ini hidup dalam kotak-kotak yang terpisah. Dalam situasi ini suasana perpecahan antar umat pun tidak dapat terelakkan. 

Yang ada bukannya berkorban, melainkan mencari korban. Yang kaya mengorbankan yang miskin, yang memegang jabatan mengorbankan yang jelata, yang pandai mengorbankan yang kurang pendidikan dan sebagainya. 

Tidak banyak umat Islam saat ini yang rela berkorban untuk saudaranya sesama muslim. Bahkan seringkali dengan mengatasnamakan jihad fi sabilillah, mereka menganggap saudara-saudara mereka yang lain adalah musuh. Ini merupakan salah satu indikasi bahwa makna pengorbanan secara kasat mata telah mengalami distorsi dan disalokasi. 

Karena itu,  untuk memulai kebangkitan bangsa dan negara dari kemerosotan solidaritas ini, redefinisi makna pengorbanan sepatutnya segera dilakukan. Karena sesungguhnya Islam senantiasa menunggu pengorbanan umatnya untuk kejayaan agama, bangsa dan umat itu sendiri.

(Khutbah salat Idul Adha 1429 H di lapangan Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: