Usia Wanita Lebih Panjang

TAHUKAH Anda bahwa di negara-negara maju, kaum perempuan hidup lima hingga sepuluh tahun lebih lama jika dibandingkan dengan kaum pria? Menurut Tom Perls dari Universitas Boston, AS, di antara orang-orang berusia 100 tahun lebih, 85% adalah perempuan.

Perls mengungkapkan beberapa penyebab fenomena tersebut. Salah satunya karena kaum perempuan biasanya mengalami masalah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke pada usia antara 70-an dan 80-an, sedangkan kaum pria mengalaminya pada usia lebih muda, yakni 50-an dan 60-an.

Mulanya, kalangan dokter menduga perbedaan tersebut disebabkan oleh hormon estrogen. Akan tetapi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa masalahnya bukan itu.

Konsumsi daging merah yang lebih tinggi pada kaum pria diperkirakan menjadi penyebabnya. Hal itu dapat dilihat dari kasus kekurangan zat besi yang lebih banyak ditemui pada kaum perempuan.

Daging merah merupakan sumber utama zat besi. Namun, konsumsi daging merah juga kerap dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. (kmps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: